Victoria Concordia Crescit

on Kamis, 22 Desember 2011
Para pembaca sekalian tahukah anda apa arti dari kata-kata diatas? Mungkin dari teman-teman sekalian belum tahu dan mungkin juga tidak mau tahu. Namun bagi saya, kata-kata tersebut adalah kata-kata yang sangat magic dan hebat. Bagaimana kah kehebatan dan magicnya kata-kata itu? Simak ulasan tulisan saya tentang sepenggal kalimat tersebut.
Victoria Concordia crescit adalah slogan atau motto dari klub sepak bola arsenal. Klub yang bermarkas di London Utara ini telah memakai motto tersebut sudah sejak lama sekali. Adapun arti dari kalimat tersebut adalah kemenangan didapatkan dari keharmonisan. Bagi sebuah klub sepakbola hal itu sangat wajar, karena apabila tanpa keharmonisan, kemenangan tidak akan didapatkan.
Motto tersebut juga sangat bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari saat bermasyarakat. Dimana keharmonisan adalah salah satu elemen penting untuk mencapai kerukunan dan ketentraman. Jika sesame masyarakat tidak harmonis, tentulah akan terjadi perselisihan dan anti tolerance sesame individu. Jika ini terjadi, malapetaka besar akan terjadi di kehidupan bertetangga. Semua akan timpang, pergolakan akan terjadi, dan kriminalitas akan sangat banyak sekali.
Jadi sebagai individu yang baik, kita harus bisa menjaga keharmonisan diantara kita. Apalagi jika kita hidup di Indonesia yang rakyatnya sangat banyak dan juga memiliki perbedaan budaya hingga agama. Dalam situasi seperti ini, rakyat Indonesia sangat membutuhkan kata harmonis. Jika keharmonisan terjaga, maka setiap penyimpangan-penyimpangan social akan dapat terhindari.
Mari kita jaga keharmonisan, agar kelak kita akan mencapai kemenangan. Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar