UKM Siklus Bentuk Jiwa Peduli Lingkungan lewat DIKLATSAR

on Senin, 12 Desember 2011

SCC- MV SCC lantai tiga terlihat ramai oleh para peserta baru pencinta alam UKM  siklus ITS. Pasalnya pada Jum’at, 9 Desember 2011 ini telah diadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar forum, yang disingkat DIKLATSAR . Acara ini merupakan awal dari serangkaian acara DIKLATSAR ke XXIV yang dilangsungkan oleh UKM yang menjadikan alam sebagai ranah kegiatannya.
Selain diklat forum yang diadakan dari tanggal 9-11 Desember 2011 ini, masih ada diklat lanjutan yang akan dilaksanakan. Diantaranya yaitu diklat praktek pada tanggal 17-18 Desember di kawasan ITS, dan diklat lapangan, yang dilaksanakan pada 8-12 Januari 2012 mendatang di daerah Turawas Mojokerto.
Diklat forum yang diikuti 32 orang sendiri bertujuan untuk memberikan materi-materi dasar kepada peserta yang mendukung dalam upaya konservasi. Sebelum nantinya diterapkan pada diklat praktek dan diklat lapangan. Adapun diklat praktek yaitu mempraktekan materi-materi konservasi yang didapat pada diklat forum, di kawasan ITS sebelum terjun ke diklat lapangan.  Terakhir diklat lapangan yaitu menerapkan ilmu konservasi yang didapat saat diklat forum, dan diklat praktek di alam bebas atau pada kondisi sebenarnya.
Haris Fadillah, sebagai ketua umum UKM pencinta lingkungan hidup SIKLUS mengatakan “Sebenarnya tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak para pencinta lingkungan untuk berkontribusi lebih kepada lingkungannya, dalam upaya penyelamatannya.” Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin angkatan 2008 ini juga menambahkan bahwa pembentukan mental kuat, tahan banting dan peduli lingkungan juga menjadi tujuan dari acara ini.
Mahasiswa yang telah mendaki gunung Lawu, Semeru, dan gunung-gunung lain di Jawa Timur ini juga mengungkapkan “Selain materi konservasi, juga ada materi navigasi darat, analisa vegetasi, pengamatan burung, dan teknik survival.” (ais)
  

1 komentar:

Anonim mengatakan...

emang ikut diklat siklus hahaahah :)

Posting Komentar