Krisis Moral dan Kritis Peradaban

on Kamis, 08 Desember 2011
Pembentukan mahasiswa ideal pada saat sekarang ini sangat dibutuhkan. Pasalnya negeri ini sedang dalam permasalahan krisis moral dan kritis peradaban.Banyak dari mahasiswa saat sekarang ini bersikap lebih hedonisme atau orientasi dunia. Padahal kedepannya permasalahan hidup sangat kompleks. Tidak cukup dengan ilmu yang didapat saat kuliah saja. Tapi perlu moral yang mendukung untuk bertahan hidup di kancah dunia yang keras ini.Untuk menciptakan mahasiswa ideal demi generasi yang cemerlang maka selayaknya dilakukan konsep PATRIOT yaitu akronim dari Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, Tanggung jawab. Agar terbentuk insan-insan masa depan yang tidak lagi terdapat degradasi moral dikehidupannya. Sangat disayangkan jika generasi yang akan datang lebih jelek dari generasi sekarang. Tidak bisa dibayangkan, akan seperti apa negeri dan dunia ini jadinya.
Konsep PATRIOT yang pertama adalah Prestatif.


Prestatif juga bisa dikatakan sebagai semangat. Generasi sekarang harus memiliki semangat yang sangat luar biasa untuk maju dan menanggalkan budaya jeleknya. Karena dengan semangat, maka akan terbentuk jati diri yang kuat untuk mengalahkan sikap negative yang tertera pada saat sekarang ini. Sikap semangat merupakan implikasi dari sikap ingin berubah. jika seseorang ingin berubah maka sikap semangat akan keluar dari diri individu tersebut. Namun saat sekarang ini sikap malas telah meraja lela dan menghantui setiap pemikiran generasi sekarang. Semangat untuk berubahnya telah habis dan telah digantikan oleh malas yang berkepanjangan. Anti social malah merajalela, dan keinginan untuk maju dari generasi sekarang ini yang sangat kecil.
Konsep yang kedua adalah aktif. Aktif diasumsikan sebagai peran. Dimana seorang mahasiswa melakukan peran aktif untuk melakukan perubahan ke langkah yang lebih baik. Aktif juga bisa dijadikan sikap fundamental dalam mengembangkan kepribadian seseorang. Bayangkan saja jika seseorang yang pasif. Maka ia akan menjadi budak dan tidak bisa mengeksplore ide-ide yang dia miliki. Jadi seseorang yang pasif tidak akan bisa menggali lebih dalam setiap potensi yang ia miliki.
Tanggap, adalah kata yang harus dicamkan oleh setiap mahasiswa yang ada pada generasim sekarang. Jika mahasiswa sekarang tidak cepat tanggap, maka akan terjadi banyak kelalain dalam hidupnya. Kelallaian akan sangat bersifat fatal. Salah satu pepatah mengatakan “lalai akan membunuhmu, maka sebelumnya bunuhlah silalai tersebut.” Dari pepatah tersebut jelaslah bahwa bahaya lalai sangat besar dan berbahaya. Seseorang yang tanggap memiliki respon yang cepat terhadap lingkungannya. Kepekaan terhadap rangsangan sangat teruji. Orang yang cepat tanggap tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat akan tenang jika ada seseorang yang cepat tanggap di lingkungan hidup mereka. Jdi jika seseorang menjadi individu yang cepat tanggap, maka ia akan sangat dipergunakan dalam kehidupan bermasyarakat kelak.
Selanjutnya adalah sikap kritis. Kritis berarti mengeluarkan pendapat yang berguna untuk memperbaiki sebuah system yang telah ada. Banyak orang yang berpendapat bahwa bersikap kritis hanya memperuncing sebuah masalah. Tapi menurutku, kritis tidak seperti itu. Kritis memiliki arti luas yang tujuannya hanya satu yaitu mem[erbaiki yang telah ada dan membuatnya lebih sempurna. Mahasiswa yang kritis juga dibutuhkan karena mengingat kondisi Negara ini yang memasuuki masa-masa kritis dan  krisis.

Visoner, kata yang sangat menggugah hati karena tersimpan mimpi besar dari setiap orang yang mengucapkan kata-kata ini. Visioner merupakan sebuah kata yang menggambarkan langkah maju. Visoner juga bisa dikatakan sebagai bentuk metafora dari seseorang yang telah memiliki tujuan kedepannya. Mahasiswa harus memiliki sikap ini. karena mahasiswa menuntut ilmu dan pengalaman untuk dimanfaatkan dimasa depan. Sebuah kebohongan besar jika seorang mahasiswa tidak memiliki tujuan real kedepannya. Tuujuan yang realistis lah yang diperlukan mahasiswa, disamping banyak pemikiran-pemikiran idealis yang biasanya dimiliki mahasiswa.
Terakhir yaitu rasa tanggung jawab. Tanggung jawab adalah sikap yyang tidak boleh tidak dimiliki oleh mahasiswa yang akan menanggung semua tantangan yang ada dimasa depan. Jika tangungjawab tidak diimiliki maka banyak terjadi lempar batu sembunyi tangan. Akan terbentuk para pecundang dan pengecut kelas kakap. Serta akan terjadi degradasi moral yang sanagt drastis. Tanggung jawab terhadap sebuah masalah dan tanggung jawab karena telah membuat masalah harus ditanamkan  seorang mahasiswa dalam diri mereka. Agar mereka bisa berpikir dalam setiap pelaksanaan kehidupan mereka.
Semua dari konsep PATRIOT itu harus ada bagi setiap calon pemimpin bangsa ini.Jika tidak maka akan terjadi kehancuran zaman. Krisis moral dan kritis peradaban tidak akan bisa diperbaiki lagi. Maka marilah segenap pejuang Negara ini melakukan semua sikap yang tertera diatas. Agar bangsa ini lebih baik kedepannya.
 Namun jiwa-jiwa pesimisme muncul dari segenap bangsa Indonesia melihat generasi sekarang yang akan mengisi generasi masa depan melakukan banyak hala yang diluar batas. Seperti penggunaan barang-barang terlarang alias narkoba, melakukan tawuran, free sexs, dan masih banyka lagi yang menyatakan bahwa krisis moral dan kritis peradaban itu terlihat jelas. Memang tidak bisa disangkali, bahwa adanya system globalisasi, westernisasi dan modernisasi berpengaruh besar dalam perkembangan watak generasi saat sekarang ini. Tapi bukannya tidak mungkin bahwa moral dan peradabangenerasi saat sekarang ini berubah. Karena konsep PATRIOT apabila dilaksanakan, maka akan menghasilkan dampak yang luar biasa.

2 komentar:

HAFIDZ mengatakan...

Hidup Mahasiswa

MINORITY VOICES mengatakan...

makasih bro...hahaha

Posting Komentar