Gugur Gunung Dua Siap Digelar

on Kamis, 22 Desember 2011

Institut Teknologi Sepuluh Nopember sangat serius dalam program eco campus-nya. Hal ini terbukti dengan setelah dilakasanakan program gugur gunung satu pada September lalu, Desember ini akan dilaksanakan program Gugur Gunung dua, tepatnya pada jum’at, 23 Desember ini. Program tersebut  merupakan salah satu langkah konkret kampus perjuangan ini dalam mewujudkan kampus ITS yang berbasis lingkungan.

Agus Mohammad Hatta sebagai ketua panitia Gugur Gunung dua kali ini saat konferensi pers pada Kamis (22/11) di Rumah Makan Mutiara menjelaskan bahwa acara gugur gunung kali ini sedikit berbeda dengan acara gugur gunung yang pertama. Perbedaan itu terletak pada pelaksanaan acara itu sendiri dan pesertanya.
Pada pelaksanaan acaranya, pada gugur gunung satu hanya diadakan penanaman 5.000 pohon semata, namun gugur gunung dua ini selain menanam pohon juga dilaksanakan bersih-bersih kampus, memilah sampah compos dan tidak compos, free car hours dari jam 06.00-10.00 pada daerah tertentu seperti Rektorat, dan juga ada lomba fotografi tentang lingkungan di ITS 2011.
Disegi pesertanya, perbedaannya yaitu dari segi jumlah. Pada Gugur Gunung satu hanya diikuti oleh para mahasiswa baru, namun kali ini semua sivitas akademika kampus ITS ikut serta. Mulai dari dosen, karyawan hingga mahasiswa. “Jumlah yang ikut serta pada gugur gunung kali ini sekitar 17.000 orang” kata Hatta.
Gugur gunung dua sendiri akan digelar mulai jam 06.00, yang ditandai dengan kegiatan senam pagi. Setelah itu penanaman sekitar 1.000 pohon yang berbagai jenis seperti mangga, jati, klampis dan sebagainya. Pelepasan burung dan pembukaan pameran foto serta sosialisasi Eco-campus dilaksanakan setelahnya. Kegiatan diatas berpusat di Plaza Dr Angka dan selanjutnya dilakukan di setiap unit kerja atau jurusan.
Dalam haparapan kedepannya selain pengadaan Gugur Gunung ini, Hatta mengatakan “ITS juga akan mencanangkan tradisi bersepeda ke kampus.” Program bersepeda ke kampus ini akan ditunjang dengan menyediakan sekitar 500-600 unit sepeda kayuh dari lapangan parkir graha ITS ke berbagai jurusan yang mungkin akan dilaksanakan pada tahun depan.
“Selain bersepeda tersebut, pengadaan program free car hours juga akan ditradisikan pelaksanaanya, mungkin sekitar satu kali per bulan atau satu kali dua bulan” ujar dosen Jurusan Teknik Fisika ini.(ais)

1 komentar:

Eka Novita Sari mengatakan...

gugur gunung???????
hmmmmm
ayo kita hjaukan kampus kita.....

Posting Komentar