It's not Destiny, it's a Journey. Kilas Balik di Pantai Bolu2

on Senin, 09 Februari 2015
Permainan alam memang tak dapat dikira, sedetik bisa saja awan berguguran, sekelumit ombak bisa saja hempaskan karang, kadang karam. Tata alam begitu sexy, lekukannya dan hiasannya di wajah bumi membuat teriak ditelan bisu. Begitu alam bermain, indah.

Decision
Another day
Another life
I wanna live it to the fullest
A little work
A lotta play
Alright
Ashiato tadori ikitsuku basho
Nazoru dake ga boku no jinsei janai
We’ll never be as young as we are now

TRANSLATE
Hari lain
Kehidupan lain
Aku ingin jalani sepenuhnya
Sedikit kerja
Banyak main :D
Ya
Mengikuti jejak ke beberapa tempat
Hanya menelusuri jejak yang bukan hidupku
Kita tak pernah semuda kita sekarang

Sepenggal lirik band kecintaan ane, one ok rock dengan judul decision di album barunya yang bertajuk 3xxxv5. Keren dah, ntar album resminya bakalan launching tgl 11 Februari 2015, tp beberapa singlenya udah  pada keluar.

Ok, setidak nya sebaris lirik we’ll never be as young as we are now adalah representasi semangat ane untuk tetap travelling kemana-mana walaupun ga banyak duid wkwkw. Sangat disayangkan ketika tua nanti tak sempat kemana – mana. Waktu yang tepat ketika baru menginjak umur 20 th ini. Percayalah beranjak dari halaman rumah mu menemukan sesuatu yang baru di luar sana sungguh menakjubkan. Layaknya wanita, alam itu indah, kenapa tak kau hampiri? haha

***

Oke kali ini ane bakalan nyeritain sebuah cerita istimewa dari tanah Malang Selatan. Tepatnya di pantai Bolu2 dan pantai banyu anjlok. Bertepatan dengan hari do nothing ane di liburan semester ini untuk ke sekian harinya pada tanggal 24-25 Januari lalu. Liburan kali ini ga tau sepertinya banyak banget cerita mulai dari perjuangan mencari data TA, nyari dosen pembimbing, Raker BEM ITS, Internalisasi Kementrian, sampe di PHP in dedek unyu wkwkw. Tapi untung lah angin segar datang menghampiri ane, pakde alias riza yang merupakan partner jalan2 ane dari zaman2 muda sampe udah tua ini nge WA. “bro sabtu – minggu ini libur ga, jalan2 ke pantai bolu2 yuk sama anak2 sosmas yang udah purnawirawan,”kira2 gitu pesan singkat di WA. Ane yang benar2 do nothing langsung nge iyain heu heu. Sebenarnya sih ane mau berangkat ke Bandung juga jalan2 sendirian. Tapi karna data TA ane yg ga juga di kasih2in sama pihak terkait jadi ane ga jadi ke Bandung lautan api.

Seperti biasa, kalau ada trip pasti ada grup chat, baik itu di WA, FB, maupun Line. Kali ini ane terperangkap di group chat WA. Disana udah ada beberapa kandidat yang bakalan siap sedia untuk bilang “sorry aku ga bisa ikut masih ada ini, itu, nganterin emak ke pasar, bikinin kopi bokap, ngapelin pacar jam 2 malam di kuburan, atau cebokin adek boker,” itu adalah hal yang lumrah. Jadi itu namanya bukan PHP tapi lebih ke siap siagaan kamu untuk nyari orang baru dan mastiin dia ga bakalan cebokin adeknya pas lagi boker. #tips ngajak teman.

Terbukti dari beberapa anak yang ada di grup itu satu anak atas nama Ryan ga pernah balas karna WA nya ga aktif, satu anak atas nama Irma ga bisa karna masih ada revisi TA untuk menuju puncak 111 mdpl di grha ITS, satu anak tanpa kejelasan ga jadi ikut namanya Eko, ini anak paling yang nyebokin adeknya boker wkwkw. :peace: ko.

Ane lanjutin ya, maaf kalau rada jorok, ini bikinnya pas ujan2, got depan kontrakan lagi jorok2nya sorry to say gan heu heu.

Plan yang saat itu pakem yakni pakde sang punya gawe bawa satu pasukan, ga main2 pasukannya impor dari bandung, dan lu tau gan yang di impor teteh-teteh bandung lagi, tau kan stereotype teteh bandung? Haha oke lah itu rahasia kita dan tuhan saja ya. Teman pakde ini namanya mbak via udah kerja. Trus ada Tyas dan Rinda, dua sejoli yang bakalan salamin setiap wisudawan kalau lagi wisudaan di ITS. Ada Odhi dan temannya mas Risky dari Mesin ITS penggiat Korps Social Responsibility (KSR *CMIIW), serta ane sama teman ane ga lupa juga ada Rasyid sama pacarnya. Tapi di ujung jalan penantian Rasyid dan pacarnya gagal take off, yang ini kayaknya ngapelin pacar kayak cerita ane di atas.

Praktis yang ikut tinggal kami ber 8. Jumlahnya fix, namun terjadi sesuatu yang terduga lagi, sehari sebelum berangkat abis jumatan tepatnya tgl 23, teman ane PHP in ane, ya dia lah sang dedek unyu yang mbatalin secara sepihak. Untung pakde cepat tanggap ngajak dedek2annya yang kuliah di Malang untuk ikut. Fix 8 anak akan menuju bolu2. uYeaaah.

Sabtu pagi ane bangun pagi banget, ga sabar mau menghapus kebosanan ini. setelah semua perlengkapan selesai, ane berangkat ke kontrakan pakde yang mana kita emang satu kompleks perumahan, ane kira kita bakalan langsung berangkat, rupanya pakde berkilah, jemurannya belum kering masih sedikit basah dan lagi di kipasin biar kering. Ane sampai nunggu 15 menit di bawah dia malah nyanyi2 di atas. Yang ane denger “kapan lagi kau tulis untuk ku, tulisan tulisan indah mu yang dulu,” begitu suara khasnya yang ga begitu bagus menggelegar dari lantai 2.

Setelah itu kita berangat ke daerah dinoyo sana jemput kak via temen pakde. 3 orang berangkat ke Malang. Odhi, mas risky, tyas, Isma dedeknya pakde sudah di Malang menunggu. Sedangkan Rinda berangkat dengan kereta dari tulung agung baru nyampe jam 12 di stasiun Arema itu.

Sekitar jam 10 kami nyampe di Malang, kami singgah di UB dengan niat dapat pemandangan yang menyejukkan mata. Jelas saja, disana lagi ada wisuda fakultas Teknik. Tapi sorry to say ya mahasiswa UB, wisudanya garing banget deh ya kalau ane lihat di banding di ITS. ITS kalau wisuda jalanan umum depan grha ITS di tutup, bendera himpunan setinggi pohon pinang dan lebarnya 2 kali gawang sepak bola di kibarkan.  Mahasiswa baru nyanyi di sambil iring2an. Warnanya juga bermacam – macam kalau jurusan ane hitam2, Mesin merah2, TC biru2, TF hijau2. Begitulah khasnya. Wah sorry OOT wkwkw

Abis itu sekitar jam 12.30 kami udah kumpul. Semua lengkap, kami berangkat, Odhi bareng Tyas ngebut di depan, ane sama mbak via pake motor butut tanpa lampu sign dan ban depan yang agak aus, mas risky sama rinda, mereka saling bertolak belakang mas risky yang kalem di jodohkan dengan rinda yang meledak-ledak, seperti kentut dalam air, ketahan dan tanpa bau wkwk. Pakde sama dedeknya isma, pake motor matic yang tabu untuk di berangkatkan ke TKP.

Awal berangkat saja kami udah dihadapkan dengan hujan, setelahnya kami terus menyusuri jalan Malang selatan yang hijau. Kemudian memasuki wilayah Dampit kami menelusuri jalan yang naik turun, yap kami mendaki bukit yang terjal dan curam, sungguh tak terduga, jalanan pun juga jelek bgt dan kecil tidak cukup untuk dua mobil saling berselisih. Harus berhati-hati. Akhirnya sekitar setengah 4 kami nyampai di tujuan dan bertemu lah sama bapak-bapak penjaga pos yang ramah. Cukup bayar 5000 kami masuk ke komplek wisata pantai lenggoksono. this is Lenggoksono beach
ane dan peralatan snorklin

Ombaknya cukup besar, penjual kopi, makanan ringan dan persewaan snorkling berjejer dibawah rayuan pulau kelapa. Nyiur melambai-lambai. Dan parkiran perahu di atas pasir telah mengubah kesadaran ku. Yap, kita udah jauh dari bisingnya surabaya. Let’s to explore bolu2.

Langsung saja kami nyewa kapal yang muat delapan orang, dan lu tau gan kebanyakan dari kami emang tidak akrab dengan naik kapal2 beginian. Untuk naik aja butuh perjuangan di hempas ombak. Kami seperti di hambung dan di huyung2 oleh kapal2 bertenaga solar itu. Pokoknya seru dan cukup membuat was was, takut ntar kebalik haha. Btw bayar kapal Cuma 400K agan udah dianter sore, trus di jemput esok harinya sampai di anterin snorkling juga. Seru deh. Untuk snorkling sewa alatnya 25K. tpi dsana Cuma ada 6 persewaan heuheu, kita sewa semua deh haha.
rinda mengepresikan segalanya haha

keep cool guys haha

tetap ceria walau terombang ambing

smile on the water

Sekitar 15 menit naik kapal kita nyampe di pantai bolu2 nya. Pemandangan sekitar cukup membuat takjub, karena memang pantai bolu2 ini teluk jadi seperti ada gerbang menuju samudera hindia sana, ga tau ombaknya sebesar apa ya disana.

Sampai disana, kita seperti ga bisa diam, jingkrak2, lari2, teriak2 ga jelas dan mulai lah ke biasaan muda mudi skarang foto2. “waah kayak private island yaa,” kira2 gitu teriakan dari anak2. Tidak lama sore sepertinya mau pergi, kami mulai mendirikan tenda dan mempersiapkan masakan untuk makan malam. Untuk mendirikan tenda di pantai bolu-bolu tidak banyak spot, karena banyak pohon kelapa. Agan-agan semua ga mau kan kalau ntar tendanya di labrak kelapa dari atas karna hukum gravitasi yang tak pernah kompromi.
here we are ki-ka : Rinda, tyas, pakde riza, ane, mbak via, odhi, mas risky, isma

penyewa private island murah haha
for membangun tenda
simulasi membangun rumah tangga haha

ga yakin masang tenda apa cuma pose doang haha
tenda pun jadi

Kemudian kami sholat dan makan bersama. Menu kali ini adalah mi, karena estimasi kita akan masak nasi besok hari. Bentar sebelum ane ceritain dinner kami lebih lengkap, ane bakalan flashback masalah makan ini ke agan-agan sekalian. Kali ini tersangkanya Tyas, di sebuah mini market di daerah Malang, kami berhenti untuk membeli perlengkapan masak seperti mi, air minum, dan beberapa snack. Namun nyonya cempreng ini malah nyeletuk seperti ini, “lo ngapain beli banyak mi, disana kan banyak yang jual makan,” ucapnya. Ya kita langsung nyahut, kita juga udah beli beras yas. Tyas lagi2 komplain, “lo ngapain bawa beras segala? Gagal paham aku rek,” sambil terkekeh. Tapi pakde mencoba menengahi. “kan aku suruh kamu bawa panci yas, ya panci buat masak nasi keles,”kira2 gitu. Tyas Cuma diam sambil senyum2, padahal dia tau dia salah, udah bawa panci tapi ga tau mau diapain. Hahaha

Kegagal pahaman tyas terbukti gagal, kita hampir kekurangan makanan, karena kita belum pada makan siang. Untung ane berjiwa superman, wkwkw, ane bawa ransum yang mana ransum ini gagal di makan ketika pendakian menuju gunung welirang dan arjuno beberapa bulan lalu. Harganya lumayan 80K. anak-anak yang kelaparan langsung melahap ransum setengah matang itu, nasinya agak keras, tapi mungkin karena lapar, ya kita lahap aja. 3 kaleng ransum rasa-rasa abis malam itu.
Acara berlanjut membuat perapian, malam itu nyamuk banyak bgt untung pakde bawa satu botol lotion anti nyamuk. Cukup untuk melawan nyamuk yang beringas malam itu.
cepet2an demi perut
keep photo2

rinda: 1 ransum dan slurupan mie yang belum abis

Tidak banyak yang kita lakukan, hanya duduk2 di bawah temaram bintang dan bulan yang relatif cerah malam itu. Tidak banyak awan yang menutupi, tidak banyak asap yang membuat senyum bintang memudar, apa lagi kumpulan lampu jalan kota yang kadang membuat langit malam berwarna jingga, di Surabaya contohnya.

Main kartu poker dan bercerita sambil ngopi2. membuat api unggun. dapat dikatakan malam yang sederhana namun ceria serta indah, hingga kita masuk sesi game curhat2 dan tanya2. Semua sesi curhat off the record gan, haha. Pokoknya pada ngakak dah isinya haha.
perapian hati odhi dan tyas, mas risky figuran haha
perjudian tanpa taruhan malam itu

Esok harinya pagi, kita lanjut foto2 lagi menikmati sunrise di pantai, cukup indah, dan suasananya cukup hangat. Lanjut berenang dan main2 pasir. Sementara itu para wanita memasak untuk kami, sungguh menyenangkan. Belum selesai masak, perahu pun datang sekitar jam 8. kapten kapal membawa kami ke pantai banyu anjlok. pantai ini keren sekali gan, karena ada banyo anjlok nya alias air terjun. nyampe sana kami cuma teriak2 kegirangan ga jelas, foto2 dan mandi air tawar. hehe
pagi menyapa

menyapa pagi

menyapa pagi 1

menyapa pagi 2

ga tau apa yang dipikiran pakde

say right

say left

foto di banyu anjlok

awal nyampe sedikit cool haaha

musti teriak2 ga jelas haha

gaya bebas ga tau mbak via ngapain :D

sekali foto langsung 10 captured :D

banyu seru !

wooo wooo, cuma itu suara di bawah air itu

Kita lanjut snorkling melihat coral2 bawah laut. Untuk pengalaman pertama ane snorkling, hal ini cukup membuat ane senang. Berenang dan berenang, melihat karang sambil tersapu ombak2 liar hehe. Seru dah. sedikit cerita unik ketika snorkling. entah kenapa odhi sang putra kendari tidak melepaskan tasnya yang berisi HP2 nya. sehingga byur udah berenang beberapa menit, hp nya basah kuyup beserta tas kecilnya. sungguh sangat disayangkan. semoga HP nya cepat sembuh gan odhi. tapi katanya tyas sama Rinda sih, odhi ga ngelepas tasnya tapi ngelepas otaknya pas mau berenang. wkwkkw. peace dhi :D

foto sengaja begini untuk menjaga privasi odhi :D

snorkling ceria

snorkling kece

seperti terdampar

lepas bebas mengapung !

walau kurang fokus but nice

Selesai snorkling dan main2 di karang tajam, kita balik untuk makan pagi yang tertunda. Sialnya, mbak via sebagai tersangka kali ini memasukkan semua telur yang berjumlah 7 buah ke dalam campuran mi, otomatis jadi aneh. Kemudian pakde berinisatif untuk memasukan bumbu dan sambel, mau dikata apa, kita makan saja, karena perut yang sudah lapar banget. Hahaha.
makan mi+nasi+7 telor mentah :"D

Kita tidak pernah tahu permainan alam, matahari mulai naik, ombak juga ikut-ikutan naik, oke kita mengahadapi pasang. Beberapa jajaran karang yang pagi hari tampak indah sudah tak terlihat lagi. Kami kudu berlari tapi agak telat, sebuah karang besar menghadang dan sudah di terpa ombak. Singkat kata, kaki ane sedikit luka terbentur, dan parahnya hp mbak via ke celup air laut. Berakhir ke servisan hp,. Semoga sehat kembali yah hp nya teh via hehe.

Kami kembali naik kapal lagi, menuju pantai lenggoksono, dan bersih2 terus pulang melewati jalan yang sama. Di jalan yang terjal2 itu ada mobil yang berhenti mendadak ditengah, mas risky dan rinda juga sempat terjatuh cantik, ane sama mbak via juga kudu berhenti di tengah dan mbak via kudu jalan dulu. Semuanya butuh perjuangan untuk menuju puncak haha. #representasiHidup

Dalam perjalanan pulang parahnya mbak via terserang kantuk, ga tau kecapekan paling ya, akhirnya kami berdua malah nyanyi2 ga jelas biar ga ngantuk, album platinum tulus, samsons, dewa, noah dll dilahap habis sama mbak via ane sih sbagai backing vokal doang haha.

Nyampe di Malang kita makan siang yang mana udah sore bgt di rumah Tyas sang ratu lengking. Banyak gorengan, kopi dan nasi di sediakan oleh ibunya tyas. Makasih ibu Tyas. Hehe. Disana kami juga memusyawarahkan duid2 yang keluar, total Cuma habis 50 ribu saja exclude bensin. Tapi banyak sih yang ditalangin mbak via yang udah kerja seperti beli rambutan dan bayar bapak2 kebersihan di pantai bolu2. Akhirul kalam makasih banget mbak via. J

Lanjut balik ke surabaya malam itu, seperti biasa hujan badai menghantam. Ane kedinginan. Sekian

mengenal alam, mengenal bintang, dan mengenal lautan, mengapa dirimu tidak mengenal ku?