Sekilas, Hanya Sekilas Kisah di Banjarnegara

on Jumat, 26 Desember 2014

Bencana alam dinamakan sebagai bencana alam ketika memakan korban dan berdampak kepada kehidupan manusia. Namun ketika sebuah bencana (logsor, banjir, kebakaran hutan etc ) tersebut tidak memakan korban, cenderung manusia tidak menggubrisnya. Padahal mungkin saja di atas gunung manapun sudah terjadi longsor, di sungai manapun sudah terjadi erosi, di pantai manapun sudah terjadi abrasi, dan di kutub manapun sedang terjadi pencairan es secara massive. Tapi cenderung manusia tidak memikirkannya karena dampaknya tidak secara langsung menggangu nyawa dan kehidupannya.
Lihat ! begitu egoisnya manusia.


//
Seperti biasa ane Sabtu 13 Desember jam 11 an malam pulang ke kontrakan dari kampus, beli makan trus nongkrong depan TV, sebelahnya ada asbak penuh puntung rokok yang bukan punya gw hehe. Seperti biasa ane cuma bolak balik channel metro sama tv one. Waktu itu sedang santer bgt berita tentang logsor di banjarnegara Jawa Tengah. Awalnya ane ga mikiran apa2 ga ada kepikiran kalau gw anak sobat bumi yang cintai bumi ‘selamatkan’ (sengaja gw kutip hehe) bumi.

Besoknya datanglah jarkoman WA dari mahagana ITS kalau kondisi di banjarnegara sangat memprihatinkan.  Otak ane langsung nyadar oh ya udah 2 hari habis bencana tapi sobat bumi masih belum gerak, gw langsung aja kopas jarkoman kondisi banjarnegara ke grup line sobi surabaya dan grup pfs 3 surabaya. Awalnya no respon, padahal udah 20 an yang read. Soalnya mungkin gw ngomongnya rada ga enak hehe, kalian bisa lihat SS dibawah ini.


Yap bahasa ane cenderung nyindir. Ane brani nyndir soalnya sobi surabaya udah ane anggap keluarga sendiri  mau pake bahasa manapun pasti mereka ngerti dan memahami tanpa ada luka di hati :D. Tapi kondisi berbeda bahasa ane yang nyindir ini malah di bilang ga sopan sama beberapa orang, so gw terpaksa minta maaf ke grup haha, sorry ya sobi SBY. :peace:

Setelah ditanggapi koor sby bung reyhan langsung di isukan ke pejabat teras atau koordinator2 sobi se indonesia, barulah keluar hasil bahwa sobi indonesia buka penggalangan dana dan bantuan lain. Alhamdulillah. (murni versi ane ya ini)

Berangkat !!!
great team smg & sby


Waktu itu Jum’at yang tenang tepat sekitar jam 8an pagi sebuah pesan  muncul di grup line sobi sby. Gubenur sobi jawa mencari massa untuk di angkut ke Semarang trus langsung ke Banjarnegara menyerahkan bantuannya, padahal dia tau massanya dia sendiri cukup berat haha. Ane yang sedang mempersiapkan kegantengan (baca: motong kuku ) menuju sholat jumat sedikit terpanggil untuk nemenin bapak gubernur yg terhormat.  Sedikit diskusi lewat PM untuk mutusin naik moda transportasi apa dan nyari2 tiket kereta, akhirnya diputusin kita brangkat jam 8 jumat malam dari terminal bungurasih.

Namun kita sempat dibikin galau mau turun dimana ntar, Akhi bisyri dan yan dari sobi semarang sebagai tuan rumah ntar bilang untuk turun di terminal Sukun, tapi bus ke terminal Sukun cepat bgt penuhnya dan juga armadanya terbatas akhirnya kita naik bus patas arah  terminal terboyo jam setengah 11 an malam via jalur indah pantura. Naik lah dua jomblo ganteng ini ke bus namanya Jaya Utama, percakapan demi percakapan di utarakan tapi hanya satu tema yakni SOBICAMP, yap kita ga mau move on dari topik kepanitiaan itu haha. Kata orang sih kalian bakalan selalu ingat kejadian yang bikin kalian stress berat namun bisa diselesaikan.

Sekitar jam 5an pagi kita mendarat di Terboyo semarang. Sholat subuh trus foto. Destinasi sih tetap kita harus ke terminal sukun karena dekat pusat kota dan dekat dengan kampus Undip tembalang yang jadi transit pertama kita. Lagian tour guide kita akhi Bisyri jemputnya disana.  Kemudian pas nanya2 ke bapak2 di terminal kita disaranin untuk naik trans semarang (Surabaya masih belum punya nih mass tarnsport gini).

Diperjalanan kita mulai disuguhi kehangatan dan keindahan Semarang, seperti sunrise yang sexy bgt, tugu muda, lawang sewu, dan masayarakat yang ramah-ramah. Singkat kata ane dan pak Ferry ketemu sama  Bisyri di sebuah halte. Ga lama kami dijemput oleh noval dan bagus pake mobil rental. Alasannya cuma satu yang namanya gubernur kudu istimewa wkwk.

Kami pun di drop di kosan bang yudha dan noval. Mandi2, dan istirahat sejenak sekitar jam 8 kami berangkat. ada 9 personil kece yang Insya Allah berniat tulus menuju banjarnegara. Ada ane, ferry gubernur, bang yudha twinboy, uda noval, cak bagus, akhi bisyri, mas fuad, pak hamzah, dan srikandi terakhir fatih yang sebenernya mau nebeng untuk meneruskan perjalanannya ke Cilacap namun kudu balik lagi ke Semarang haha.

The story begins !!!
harusnya bawa land cruiser minmal pajero (pasukan jenggot rasul) lah

Perjalanan di mulai dan ane ke gencet di sebelah Fatih dan Bagus, ya kali badan ane paling kecil sendiri haha. Yasudah pasrah dah katanya Cuma 3 – 4 jam udah nyampe. Perjalanan di hiasi dengan cerita, gosip, dan karaoke kacau haha. Macet, hujan lebat kita lewati juga kesasar di daerah wonosobo. Ane yang dari tadi berharap biar cepat nyampe malah kerasa terkhianati. Dari perkiraan cuma 3-4 jam dengan keberangkatan jam 7.30 harusnya nyampe jam 12 an , namun jam 2 kami baru menyentuh daerah  banjarnegara, namun belum lokasi bencana , fix bokong gw panas bgt, pinggang gw keseleo, tapi untung tulang rusuk gw ga cacat dan belum ditemukan wkwk.

Perjalanan menuju lokasi bencana juga jauh bgt, diatas bukit2 gitu mungkin masih persambungan bukit2 dataran tinggi dieng kali yak? Ga tau, pokoknya jauh bgt, kita lelah. Tapi ini satu niat, niat menyampaikan amanah teman2 satu Indonesia dan membantu sesama.

Skip skip

Akhirnya kita nyampe di pertigaan menuju lokasi. Jalannya mengecil dan ga halus, khas jalanan pedesaan. Awan hujan tetap tak ingin berpindah, rintiknya tetap mencumbui bumi. Terasering sawah basah dan  sungai coklat bercampur tanah hiasi rona mata. Pun perkebunan pak tani yang daunnya hijau pekat. Nun jauh disana ada pepohonan yang mungkin kapan2 tergelincir. Butuh tindakan preventif !

Awal masalah terjadi, ditengah gerimis itu kami telah ditunggu pendakian dengan sudut kemiringan mungkin 40 derajat (gw ga ngitung). Seketika mobil berhenti ditengah jalan dan pendakian itu karena terlalu berat kayaknya. Sopir langsung handle rem tangan dan nyuruh sebagian turun. Ga kebayang juga ntar mobil mundur nabrak mobil belakang atau lebih parah nyebur sawah, ya ga lucu gan.
pendakian tempat mogok mobil
bagus sang penunjuk jalan haha


Lalu yang turun terus jalan ke atas, soalnya pendakiannya malah nambah sudut kemiringannya mendekati 45 derajat, setengah dari sudut vertikal gan. Sehingga kami yang turun malah berjalan terus sampai ke atas. Sampe – sampe kita yang jalan malah lari2an ngejar mobil pick up yang lewat demi tumpangan haha.
ngejar pick up :D


Kemudian kami nyampe di sebuah pertigaan yang ada bapak2 sedang ngatur lalu lintas biar lancar. Lalu beberapa kali di infokan sama mobil yang turun dari atas untuk nyuruh kembali aja soalnya diatas macet dan mobil ga bisa masuk ke posko. Kami langsung markir mobil di pertigaan itu (yakali kita balik ke semarang tanpa hasil gitu, tapi kalau ane sih ga mau bokong gw terjepit dengan rentang waktu terlalu cepat haha).
pertigaan bapak malaikat (ki-ka, bisyri, ferry, fuad, nouval, yudha, hamzah, ane)

pertigaan bapak malaikat2 (yg cewek namanya fatih)

Kita langsung putar otak, mikir, diskusi lagian waktu itu kita juga mikirin bensin, soalnya di speedometer udah nunjukin cuma satu batang, beresiko kalau di geber terus ke atas, ntar ga pulang coy. Trus bapak2 disana langsung bantuin beliin bensin lewat beberapa anak disana. Akhirnya kami beli bensin seharga 11.000 per liter dengan volume 5 liter.

Diskusi berlanjut kita sepakat untuk tetap mengirimkan bantuan ini, namun dengan cara yang belum tau. Beberapa opsi diluncurkan seperti jalan kaki namun akhirnya tidak disarankan karena jarak 5 km terlalu jauh. Diskusi cukup alot karena buntu, mau tetap pake mobil ke atas tapi hadangannya macet, jalan licin, dan pendakian yang curam bgt. Ditengah diskusi kembali bapak2 (sorry gw lupa namanya panggil aja bapak malaikat yah hehe) tadi menawarkan bantuan motor satu buah, langsung kita nego 2 motor. Bapaknya sempat mikir namun nyanggupin. Berangkat lah waktu itu ferry, akhi bisyri, cak bagus dan ane sang muda yang bersahaja haha. Waktu itu kita sepakat kalau udah sampe posko jemput teman2 yang lain kebawah biar kita semua nyampe posko.

Namun tetap kita yang merencanakan Tuhan lah yang menentukan. Kirain naik motor bakalan lancar rupanya juga terjebak macet dan jalan licin. Ada mobil yang terguling juga ada yang mogok ga bisa jalan lagi. Trus cukup lama kita terjebak macet, namun akhirnya lepas juga.

Petaka lagi-lagi terjadi, motor yang ane tumpangin sama bagus malah bocor bannya, otomatis perjalanan dilanjutin oleh ferry dan bisyri  bawa duid sumbangan dan sumbangan baju baju yang telah dikumpulin. ane dan bagus pun dorong motor cukup jauh namun ada beberapa kejadian yang ngundang ane untuk ngakak sama bagus.

Waktu itu kami ketemu sama seorang bapak-bapak yang baru pulang dari kebun bawa cangkul. Bagus nanya pake bahasa jawa ke bapaknya. Berikut percakapannya yg udah ane terjemahin

Bagus: pak kira-kira tempat tambal ban ada ga diatas?
Pak e: ada mas terus aja ke (ngucapin satu nama tempat yg ane lupa)
B: kira-kira jaraknya brapa ya pak
P: 200 mas
B: 200 apa pak
P: 200 kilo mas
B: lo ? sontak ane dan bagus terkejut gila aja kita dorong motor 200 km ke depan wkkww
P: eh ga, 200 meter
langsung lega

mulai bocor

jalanan yg kami tempuh dorong motor

di bengkel

dorong motor terus kami lanjutin berdua, awan hitam masih membentang, kabut khas pegunungan mulai menyeka, dan hujan? Jangan kau tanya, anugerah itu awet. Sendu memang pendorongan motor kali ini. kontur jalan juga mendukung untuk membuat kami berdua capek.

Namun nafas semangat tak pernah berhenti. Total 2 km kita dorong motor di penanjakan, what a beautiful apes. haha

Akhirnya kita nyampe di tempat tambal ban. Tapi kita nunggu lama soalnya yang nambal lama bgt datangnya mungkin orderan lagi sepi bgt ya waktu itu, padahal yang lalu lalang banyak bgt dari berbagai plat nomor. Pas kita itung rata2 dari plat B, H, R dan G. segitu lamanya sampai kita bisa ngitungin plat nomer yang lewat haha.

Selesai akhirnya kita lanjutin perjalanan ke posko, namun di tengah jalan kita ketemu ferry dan bisyri yang udah cos ke bawah, oh ya anak2 yang ketinggalin di bawah tadi lanjut bawa mobil ke atas yang di sopirin nouval. Dan cerita lainnya bang yudha malah naik ojek dan juga sampai di pos.

Singkat cerita yang sampai pos adalah bisyri, ferry dan bang yudha yang lewat jalur alternatif pake ojek. Bantuan kami kasihin ke pusat posko secara simbolis.
posko1

posko2

posko3

posko4

posko5


Akhirnya kita turun ke pertigaan awal tempat bapak malaikat berdomisili. Sesampai disana udah maghrib dan gelap serta kabut semakin pekat. Bapak malaikat emang jiwanya malaikat bgt kita jadi tamu spesial malam itu di rumahnya. Waktu itu dikasih makan dan minum, dibuatin mie ayam, pisang manis, gorengan, dan kopi. Makasih bapak dan keluarga yang hatinya bener-bener baik.

Sungguh, nikmat tuhan mana yang kau dustakan kawan? Setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

Setelah pamitan kami langsung balik ke Semarang. Gw kegencet lagi, dan tambah parah ketika si fatih memasuki alam bawah sadar, kalau tempat duduk itu satu gw Cuma dapet 1/6 selebihnya fatih wkwkkw. Tapi semuanya mengharu biru dan membekas di hati gw. Perjuangan ini sangat luar biasa. Makasih untuk semua yang mendukung perjalanan ini.

End
Cerita berlanjut waktu jalan2 di semarang, kapan2 ane update yaaa, ini aja udah hampir 1800 kata alias 4 halaman dan propos ane belum nih hehe.

//
sepeerti biasa rekomended lagu buat anda semua :)






 


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Gokil Bro,.. perjalanan mahal dan tidak akan terlupakan,.. :D

Posting Komentar