10 ALASAN HAL BESAR UNTUK MENDUKUNG ARSENAL.

on Senin, 19 Desember 2011


1. The World's Greatest Club (Klub terbesar di dunia).
Ini hanya pendapat, tapi itu salah satu yang paling penting bagiku untuk mendukung Arsenal. Kita punya "The Arsenal Way" dan kemandirian klub dalam hal menjalankan bisnis di industri sepakbola. UEFA menjadikan Arsenal sebagai teladan oleh klub2 lain untuk mencontoh dalam menstabilkan masalah keuangan/ financial.:)

2. The Invincibles.
Sangat bersyukur aku pernah melihat kejayaan Arsenal saat itu (musim 2003-04 menjuarai liga Inggris tanpa terkalahkan). Ntah selama aku hidup, Arsenal bisa mengulanginya lagi ataupun klub2 lain di Inggris yang akan melakukannya. Faktanya Arsenal sudah melakukannya. Sungguh kenangan terindah yang tidak akan pernah aku lupakan.:)

3. Arsene Wenger
Mau mencintainya atau membencinya, tidak dapat disangkal bahwa Arsene Wenger telah mengubah wajah Arsenal dan mungkin sepakbola Inggris sejak ia mengambil alih sebagai manager Arsenal lebih dari 15 tahun yang lalu. Dia telah memberikan tiga gelar liga dan empat Piala FA bagi Arsenal, serta penampilan di final UEFA Cup 2000 dan final Liga Champions 2006. Selama menjadi manager Arsenal, Wenger selalu sukses membawa klub ini tidak keluar dari empat besar liga Inggris.:)

4. Tiga kali gelar ganda (Juara liga Inggris dan FA Cup di musim yang sama)
Sampai detik ini Arsenal menjadi satu2nya klub sepakbola di Inggris yang berhasil menjuarai gelar ganda di dua abad yang berbeda, yaitu abad 20 (1970-71, 1997-98) dan abad 21 (2001-02). Jujur aku hanya merasakannya pada musim 2001-02, tapi bangga juga dengan sejarah Arsenal sebelum2nya.:)

5. arsenal.com
Aku sangat bangga dengan situs resmi Arsenal, tahun ini kembali terpilih sebagai "Best Sports Website". Ini membuktikan pengelola situsnya juga orang2 yang terbaik sekaligus cerdas.:)

6. Sejarah Arsenal.
Arsenal memiliki sejarah panjang dan kejayaan, dan itu salah satu tradisi dan juga piala. Pernah memiliki manager legendaris (Herbert Chapman) yang mengubah nama stasiun "Gillespie Road tube station" menjadi "Arsenal tube station". Arsenal juga menjadi klub pertama yang disiarkan di TV, radio, dan 3D. Dan masih banyak lagi.:)

7. Emirates Stadium (Ashburton Grove)
Mungkin saat ini kita masih blom bisa merasakan manfaat dari stadion ini bila dibanding dengan Highbury (dalam hal trophy). Dan rata2 dari kita blom menyadari dampak jangka panjang. Yang jelas dengan adanya stadion dengan kapasitas lebih besar akan mampu menampung banyak penonton sehingga pendapatan klub juga akan meningkat. Ingat: tim2 besar rata2 memiliki stadion berkapasitas besar.:)

8. Highbury
1913-2006 Arsenal punya kenangan2 indah di sini. Dan sekarang sudah berubah menjadi Highbury Square (Apartemen dan taman). Arsenal sangat terbantu untuk mengatasi masalah pendanaan dari sini.:)

9. Gaya bermain Arsenal
Sejak Arsene Wenger mengambil alih Arsenal, beliau telah mengubah tidak hanya klub, tapi juga gaya bermain. Arsenal telah berubah dari sebuah tim yang memainkan sepakbola membosankan (permainan bola panjang) saat managernya George Graham ke sebuah tim yang memainkan gaya terbuka dan sepak bola menyerang saat managernya Arsene Wenger.:)

10. The Kings of England
Arsenal pernah menjadi "the kings of England" sejak musim 1947-48 sampai musim 1974-75. Dan sampai detik ini Arsenal hanya sekali terdegradasi dan menjadi satu2nya klub sepakbola di Inggris yang paling lama berturut2 berada di liga teratas Inggris (musim 1919-20 sampai sekarang).:)

0 komentar:

Posting Komentar